Samsat Talangagung Malang Dijuluki Samsat Tangguh, Ini Alasannya

Dia Saputra - Sabtu, 13 Juni 2020 | 07:36 WIB

Ilustrasi Samsat (Dia Saputra - )

GridOto.com - Layanan administrasi pajak kendaraan bermotor di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang beroperasi dengan normal.

Di masa pandemi virus Corona ini Samsat Talangagung justru memiliki julukan Samsat Tangguh.

Hal tersebut karena masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan saat berada di Samsat Talangagung guna meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Samsat Tangguh adalah bentuk penerapan physical distancing saat pelayanan kepolisian yang menghadirkan orang dalam jumlah banyak," kata AKapolres Malang, AKBP Hendri Umar saat meninjau pelayanan di Samsat Talangagung, Jumat (12/06/2020), dilansir dari Suryamalang.com. 

Baca Juga: Kapan Seluruh Gerai Samsat di Mal Kembali Dibuka? Ini Penjelasan Bapenda

Hendri menjelaskan, istilah Samsat Tangguh adalah representasi penerapan protokol kesehatan saat petugas Samsat melayani masyarakat.

"Prinsipnya sama dengan Kampung Tangguh yang melakukan penerapan protokol kesehatan," jelasnya .

Protokol kesehatan itu diwujudkan dengan cara mengatur jarak kursi yang berada di ruang tunggu agar tidak berdekatan.

Baca Juga: Heboh! Spider-Man Nongol di Samsat Madiun, Ternyata Mau Bayar Pajak Mobilnya yang Habis Bulan Ini

Ia menjelaskan jika jarak antar kursi yang disediakan kurang lebih satu meter, selain itu masyarakat dan petugas juga diwajibkan memakai masker.

"Kita juga sudah menyiapkan tempat cuci tangan. Oleh sebab itu pengunjung kita wajibkan untuk cuci tangan sebelum mendapat pelayanan oleh petugas," paparnya.

Hendri mengungkapkan jika penerapan protokol kesehatan ini dilakukan agar pelayanan di Samsat tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul Jadi Samsat Tangguh, Pelayanan di Samsat Talangagung Kepanjen Malang Terapkan Physical Distancing