Seberapa Irit Konsumsi BBM Veloz dan Xpander Di Tangan Anak Komunitas?

Trybowo Laksono - Senin, 4 Mei 2020 | 17:30 WIB

Toyota Avanza Veloz 1.5 (Trybowo Laksono - )

GridOto.com – Kalau dari hasil tes tim test driver GridOto, Mitsubishi Xpander Ultimate AT mampu mencapai efisiensi 11,5 km/l di rute Dalam Kota dan 16,7 km/l untuk rute Tol.

Sedangkan Toyota Veloz 1.5 AT, hasil tes kami ada di figur 13,1 km/l untuk rute Dalam Kota dan 17 km/l untuk rute Tol.

Lantas bagaimana dengan konsumsi BBM dari mobil pribadi anggota komunitas?

Taufik 'Opay' Hidayatulloh, Ketua Umum AXIC yang juga pengguna Toyota Veloz 1.5 mengatakan kalau konsumsi BBM rata-rata mobilnya berada di angka 12-13 km/l untuk rute kombinasi di pemakaian sehari-hari.

Sementara Hari Suwondo, Founder X-MOC yang merupakan pengguna Mitsubishi Xpander Exceed menyebutkan figur 12-13 km/l untuk mobilitasnya di dalam kota dengan kondisi macet.

Ia pun menambahkan kalau Mitsubishi Xpander bisa lebih irit kalau dipacu konstan di tol tak lebih dari 80 km/jam.

Aries Aditya
Xpander bisa berjalan 12-13 km/l

Baca Juga: Resale Value Antara Xpander dan Avanza, Komunitas: Baru Kali Ini Beli Mobil Untung

“Pernah saya tes dari Puncak, Jawa Barat, pulang ke rumah saya di Bintaro, lewat tol dengan kecepatan tak lebih dari 80 km/jam bisa dapet 25 km/l,” ucap Hari.

Sekadar informasi, dalam prosedur tetap pengujian BBM di GridOto, rute Dalam Kota mengacu pada kondisi lalu lintas kombinasi dengan kecepatan rata-rata (average speed) 22 km/jam.

Average speed 22 km/jam terhitung pelan dan kami acap melewati lalu lintas padat bahkan macet agar riil dengan pemakaian sehari-hari.

Sementara rute Tol di average speed 90 km/jam untuk mensimulasikan kecepatan tinggi yang konstan.

Di pengujian ini, tergambar bagaimana kinerja mesin, rasio transmisi, rolling resistance ban, hingga drag coefficient yang turut mempengaruhi efisiensi BBM.