Ngeyel Mudik dan Berkendara Tanpa Masker ke Wilayah Tasikmalaya? Ini Tindakan Para Petugas

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 30 April 2020 | 11:00 WIB

Pengendara sepeda motor disuruh putar arah di check point Karangresik, Rabu (29/4), karena tidak jelas kepentingannya masuk Kota Tasikmalaya. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Tindakan tegas mulai dilakukan oleh para petugas di wilayah Karangresik perbatasan Kota Tasikmalaya, Rabu (29/04/2020).

Kendaraan yang hendak masuk wilayah Kota Tasikmalaya terpaksa harus putar balik karena mengangkut pemudik dan kedapatan tidak menggunakan masker.

"Kami mulai melakukan tindakan tegas. Kendaraan yang membawa pemudik disuruh putar balik. Begitu juga yang tidak mengenakan masker dan kepentingannya tidak jelas," ujar Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto, Rabu (29/04/2020), dilansir dari Tribunjabar.id.

Arus kendaraan roda dua maupun empat dari arah Ciamis menuju perbatasan Karangresik terlihat cukup ramai.

Baca Juga: Tetap Mudik Lewat Tol Solo-Ngawi, Petugas Minta Pemudik Putar Balik, Ada yang Tidak Terima

Para petugas kemudian mengarahkan kendaraan untuk menepi ke posko untuk diperiksa.

Dua pengendara motor yang kedapatan tidak menggunakan masker disuruh putar balik oleh petugas.

Salah satu pengendara motor tersebut sempat memaksa dengan dalih rumahnya sudah dekat, namun akhirnya tetap disuruh untuk putar balik.

Kemudian sebuah Honda Jazz juga diminta putar balik karena sejumlah penumpang beserta sopir kedapatan tidak menggunakan masker.

Baca Juga: Demi Bisa Mudik, Pria Ini Beli 25 Ton Bawang Biar Disangka Sedang Angkut Logistik

"Yang tidak memakai masker disuruh putar balik, sambil diberi tahu jika tetap ingin masuk wilayah kota harus dilengkapi masker. Nanti ketika balik lagi sudah mengenakan masker, tentu saja boleh masuk," kata AKBP Anom.

Menurut AKBP Anom, penggunaan masker dapat menurunkan angka penularan Covid-19 hingga 50 persen.

"Jadi memakai masker saat berkendara maupun berada di tempat belanja sangat penting," ucap AKBP Anom.

Artikel ini telah tayang di Tribunjabar.id dengan judul Petugas di Kota Tasik Mulai Tegas, Kendaraan Pembawa Pemudik atau Tak Bermasker Disuruh Putar Balik