Kemenperin Sebut Ambulans AMMDes Sangat Penting Bagi Warga Lebak. Jadi Tempat Ibu Melahirkan, Anaknya Dinamai AMMDes

Naufal Shafly - Kamis, 9 April 2020 | 17:50 WIB

Ambulance Feeder AMMDes (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Puskesmas Bojongmanik di Lebak, Banten mendapat apresiasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkat penggunaan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

AMMDes berjenis ambulance feeder milik Puskesmas Bojongmanik, digunakan untuk mensosialisasikan tentang bahaya dan pencegahan Covid-19.

“Hal ini membuktikan bahwa AMMDes dapat memberi kemudahan dan bisa digunakan dengan berbagai fungsi sesuai kebutuhan yang diinginkan,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika dalam keterangan resminya, Kamis (9/4/2020).

Putu mengemukakan, hingga saat ini para petugas Puskesmas Bojongmanik masih aktif mengunjungi masyarakat yang berada di sembilan desa.

Baca Juga: Laris Manis! Orang Terkaya di Afrika Pesan 10 Ribu Unit AMMDes

“Mereka menggunakan AMMDes ambulance feeder untuk pergi ke desa-desa khususnya di daerah terpencil, dengan infrastruktur jalan buruk,” ungkapnya.

Menurut laporan, lanjut Putu, pihak Puskesmas Bojongmanik menjalankan aktivitas tersebut dengan melibatkan sejumlah pemangku kepentingan terkait.

Istimewa
Armada AMMDes Ambulance Feeder yang digunakan Puskesmas Bojongmanik, Lebak, Banten.

Di antaranya pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, organisasi masyarakat, serta kader Jamilah dari USAID Jalin Project.

Putu menambahkan, fungsi AMMDes ambulance feeder selama ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lebak, Banten.

Baca Juga: Ada AMMDes, Bagimana Nasib Esemka? Begini Kata Kemenperin

Salah satunya untuk membantu masyarakat yang sakit menuju Puskesmas atau rumah sakit setempat, bahkan sempat menjadi fasilitas proses persalinan.

“Menariknya, sudah ada dua ibu yang melahirkan anaknya di AMMDes, dan akhirnya nama anaknya juga disamakan dengan nama AMMDes,” tuturnya.

Istimewa
Kemenperin sebut AMMDes Ambulance Feeder cocok di segala medan jalan.


AMMDes ambulance feeder telah menjadi proyek percontohan, karena dinilai bisa menekan angka kematian ibu dan bayi.

Apalagi di Kabupaten Lebak masih ada belasan desa yang akses jalannya buruk dan berbatu-batu, sehingga sulit dijangkau dengan mobil ambulans konvensional.

Baca Juga: Gandeng Kampus dan Swasta! Kemenperin Mulai Kembangkan e-AMMDes

“AMMDes ini dilengkapi differential lock dengan ban yang bisa disesuaikan dengan kontur medan yang akan dilalui, sehingga tidak selip di medan ekstrim dengan infarstruktur minim,” ungkapnya.

Sebagai informasi, AMMDes adalah produk yang memiliki tingkat kandungan komponen lokal cukup tinggi, yakni 70 persen.