Kenapa Rem Karbon Tidak Digunakan di Motor Harian? Ini Alasannya

Ahyan Putra - Kamis, 9 April 2020 | 15:20 WIB

Alasan Mengapa Rem Karbon Tidak Digunakan Pada Sepeda Motor Komersial/Harian (Ahyan Putra - )

GridOto.com - Rem karbon memberikan daya pengereman yang lebih besar dengan stabilitas lebih baik dibanding cakram baja biasa/konvensional yang dipasang di motor harian.

Oleh karena itu, teknologi canggih seperti rem karbon menjadi rem standar yang dipasang pada motor balap dalam ajang MotoGP.

Meskipun awalnya banyak yang menganggap jika balapan di suhu dingin dengan menggunakan rem karbon bisa menimbulkan masalah.

Baca Juga: Begini Lho Cara Kerja Rem Karbon yang Hitz di MotoGP

Namun saat ini, hal seperti itu bukan masalah lagi karena pembuat rem MotoGP, misalnya Brembo dan Nissin sudah menemukan jalan keluarnya.

Seperti penggunaan alat penutup yang berfungsi untuk menjaga suhu piringan agar performanya maksimal.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa rem dengan teknologi canggih ini tidak digunakan pada sepeda motor komersial/harian?

Baca Juga: Begini Cara Kerja Rem Karbon yang Populer di MotoGP

Simak yuk alasannya yang GridOto lansir dari 2banh.vn berikut:

1. Harganya terlalu tinggi

Seperti yang diketahui, harga cakram rem karbon terbilang mahal dan membutuhkan teknologi yang rumit untuk memproduksinya. 

2banh.vn
Ilustrasi balap MotoGP

Rata-rata harga rem karbon yang dipasang di motor balap Motogp berkisar Rp 155-238 jutaan, estimasi harga per tanggal 9/4/2020.

Wah, harganya sangat fantastis ya dan dengan harga ini bisa membeli sepeda motor yang digunakan untuk harian dengan performa bagus.

Baca Juga: Video: Begini Cara Rem Karbon di MotoGP Bekerja, Simak!

2. Hanya bekerja pada suhu tinggi

Meskipun cakram rem karbon memberikan gaya pengereman yang stabil, namun rem ini hanya dapat berfungsi dengan baik ketika mencapai suhu 400 hingga 1500 derajat Celcius.

2banh.vn
Kenapa Rem Karbon Tidak Digunakan di Sepeda Motor Harian?

Jika digunakan di suhu rendah atau bahkan saat hujan, maka rem jenis ini tidak berfungsi.

Dalam ajang balap MotoGP pun jika turun hujan akan mengganti dengan cakram rem baja seperti pada model sepeda motor harian.

Meskipun jauh lebih ringan daripada cakram rem baja pada motor harian dan memberikan kekuatan pengereman yang hebat, namun keterbatasan di atas membuat rem cakram karbon tidak dipasang di sepeda motor harian.

Mungkin kamu pernah melihat sepeda motor harian yang menggunakan cakram rem karbon. Itu dilakukan untuk memodifikasi motor agar tampil lebih indah.