7 Tim Balap Formula 1 Berkolaborasi Ciptakan Ventilator Untuk Lawan Virus Corona

Ahyan Putra - Senin, 30 Maret 2020 | 14:10 WIB

Tim Balap Formula 1 Berkolaborasi Ciptakan Alat Medis Untuk Lawan Virus Corona (Ahyan Putra - )

GridOto.com - Dalam upaya melawan Virus Corona (Covid-19) sebanyak tujuh tim balap F1 yang berbasis di Inggris berkolaborasi menciptakan peralatan medis.

Kolaborasi tersebut diberi nama "Project Pitlane", yaitu sebuah proyek untuk memproduksi ventilator selama wabah Covid-19 masih menyerang.

Tujuh tim yang berpartisipasi adalah Aston Martin Red Bull Racing, Racing Point, Haas, McLaren, Mercedes-AMG, Renault dan Williams.

Dilansir dari Caradvice, Project Pitlane akan memanfaatkan sumber daya dan kemampuan anggota timnya agar menghasilkan efek yang besar dalam menangani pandemi Covid-19.

(Baca Juga: Gara-gara Virus Corona, Kimi Raikkonen Bisa Gagal Cetak Rekor Balap F1 Tahun Ini)

Untuk proses produksi akan fokus pada keterampilan inti dari industri F1, yaitu desain cepat, pembuatan prototipe, pengujian dan perakitan secara terampil.

"Kemampuan unik F1 dalam merespons tantangan teknologi dan industri yang semakin cepat memungkinkan tim untuk memaksimalkan rekayasa industri yang lebih luas," kata statement dari Formula 1.

Selain itu, alur kerja Project Pitlane nantinya akan difokuskan pada tiga hal.

Yaitu merekayasa ulang peralatan medis yang sudah ada, memaksimalkan produksi desain yang sudah ada, dan membuat prototipe perangkat baru yang nantinya akan dilakukan sertifikasi.

(Baca Juga: Mantan Bos F1 Sarankan Musim 2020 Dibatalkan Saja)