Tangkal Penyebaran Corona, Pertamina Lakukan Sterilisasi Ratusan SPBU di Jakarta

Harun Rasyid - Kamis, 26 Maret 2020 | 16:20 WIB

Penyemprotan disenfektan di SPBU Pertamina Jl. Kemanggisan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Di tengah wabah Covid-19, aktivitas yang melibatkan banyak orang, seperti mengisi BBM kendaraan di SPBU cukup mengkhawatirkan.

Untuk mengatasi penyebaran virus Corona di SPBU, PT Pertamina (Persero) melakukan penyemprotan disenfektan di lebih dari 100 SPBU di wilayah DKI Jakarta.

Langkah penyemprotan, meliputi segala area termasuk gerbang SPBU, area dispenser, musala, toilet dan fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM).

Penyemprotan tersebut berjalan atas kerja sama dengan organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan telah berlangsung sejak Rabu (25/3) sore.

(Baca Juga: Pertamina Ungkap Kemungkinan Turunnya Harga BBM di Tengah Melambungnya Dollar AS dan Virus Corona)

Unit Manager Communication Relations Marketing Operation Region (MOR) III PT Pertamina (Persero), Dewi Sri Utami menjelaskan, upaya sterilisasi SPBU telah dilakukan secara bertahap guna memastikan area operasi Pertamina higienis dan bebas dari bakteri, kuman dan virus.

"Dalam kondisi seperti saat ini, tentunya keamanan dan kenyamanan konsumen jadi prioritas kami. Sterilisasi 100 SPBU ini merupakan kegiatan tahap awal yang kami upayakan di titik SPBU wilayah Jakarta dengan kasus Covid-19 terbesar di Indonesia," kata Dewi, Kamis (26/3/2020).

Ke depannya, Pertamina juga akan melakukan sterilisasi sejumlah SPBU di Jawa Barat.

(Baca Juga: Produk Car Care Ini Diklaim Bisa Basmi Virus Corona di Kabin Mobil)

"Selanjutnya kami mengajak Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) untuk dapat melakukan kegiatan ini di seluruh SPBU wilayah Jawa bagian Barat,” tutur Dewi.

Selain itu, Dewi mengimbau konsumen yang mengisi BBM di SPBU dengan cara nontunai atau via aplikasi MyPertamina, dapat sekaligus beramal untuk fasilitas tenaga medis yang membutuhkan.

“Saat ini kami memiliki program BBM Peduli, di mana setiap transaksi pembelian Pertamax dan Dex Series (Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex) menggunakan MyPertamina di SPBU, konsumen otomatis telah menyumbang Rp 2.000 per transaksi," jelas Dewi.

"Hasil donasi akan dialokasikan untuk pemberian APD (Alat Perlindungan Diri) kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam melawan wabah Covid-19 di Instansi Kesehatan,” tambahnya lagi.

Dewi menambahkan, program ini berlaku tanpa transaksi minimum dan berlangsung sejak 23 Maret hingga 5 April 2020 di SPBU wilayah Jakarta, Bogor dan Depok.