Belum Banyak yang Tahu, Mesin 4A-GE Toyota Corolla AE86 yang Beken di Initial D Ternyata Dikembangkan Yamaha!

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 13 Maret 2020 | 14:21 WIB

Toyota AE86 hadir juga di JDM Fun Day 2018 (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Jangan kaget kalau Yamaha ternyata sering mengembangkan mesin mobil, nah salah satunya ternyata mesin 4A-GE yang ditempel di Corolla AE86.

Ngomongin mobilnya, Toyota Corolla AE86 yang kerap dipanggil 'hachi-roku' memang beken di zaman now gara-gara anime Initial D.

Kisah kerjasama Toyota dan Yamaha dalam mengembangkan mesin mobil sebetulnya bukan kisah baru, malah supercar pertama buatan Jepang yaitu Toyota 2000GT mesinnya juga dikembangkan Yamaha.

Nah balik lagi ngebahas Toyota 4A-GE, mesin ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1983 untuk menggantikan mesin 2T-G.

(Baca Juga: Modifikasi Great Corolla Bermesin Blacktop, Main Single Tuner TRD)

Lucunya, di awal pengembangan mesin 4A-GE ini Toyota dan Yamaha punya desain dua klep saja per silindernya, namun akhirnya dikembangkan dengan empat klep di tiap silindernya.

Melihat penamaannya, Toyota 4A-GE berarti generasi keempat dari mesin berseri A, G menandakan pakai DOHC, lalu E menandakan sudah injeksi.

Banyak varian dari mesin Toyota 4A-GE yang seluruhnya berkubikasi 1.587 cc, tercatat ada yang 16 klep, 20 klep, plus satu tipe yang pakai supercharger!

Generasi pertama mesin 4A-GE tahun 1983 (Blue Top) dengan 16 klep mulai dipakai di Toyota Corolla AE86 punya  muntahan tenaga maksimal 112 dk di 6.600 rpm (versi Amerika Serikat) dan 128 dk (versi JDM).

Tennen-Gas
Toyota 4A-GE Blue Top. Perhatikan font di mesinnya yang berwarna biru