Power Steering Elektrik Rusak Setelah Banjir, Begini Deteksi Gejalanya

Radityo Herdianto - Kamis, 23 Januari 2020 | 08:12 WIB

Power Steering Elektrik (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Power steering elektrik menjadi salah satu perangkat elektrikal mobil yang rentan mengalami kerusakan saat mobil terendam banjir.

Meski sudah dirancang untuk tahan air, tetapi power steering elektrik tidak kedap air sehingga akan menjadi rusak saat terendam banjir.

Bagaimana cara deteksi gejala power steering elektrik mengalami kerusakan setelah terendam banjir?

"Paling gampang waktu mesin dinyalakan, indikator power steering di panel instrumen langsung menyala," buka Sarudin, Kepala Bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk kepada GridOto.com.

Jika terjadi hal ini, bisa dipastikan modul power steering elektrik mengalami kerusakan seperti korsleting sehingga tidak bisa mengirimkan sinyal ke motor power steering.

Radityo Herdianto
Motor Power Steering Elektrik

(Baca Juga: Power Steering Elektrik Rusak Karena Terendam Banjir, Apa Penyebabnya?)

Namun indikator power steering yang muncul di panel instrumen tidak bisa sepenuhnya dijadikan indikasi kerusakan.

"Bisa saja indikator tidak muncul, tetapi saat setir diputar terasa berat karena motor power steering sudah kena," jelas Sarudin.

Jika terendam, motor power steering yang berisi spul gulungan tembaga akan mengalami korosif dan menjadi putus sehingga tidak bisa menyalurkan tenaga listrik.

Bisa juga setir masih terasa ringan, tetapi saat mobil melaju setir terasa bergetar yang mengindikasikan motor power steering melemah.

"Waktu mesin meyala biasanya ada bunyi dengung, karena melemah arus listriknya tidak stabil makanya setir bergetar," tegas Sarudin.