Beda Setingan, Konsumsi BBM All New BeAT Malah Lebih Irit Dari Genio

Harry - Kamis, 16 Januari 2020 | 18:52 WIB

All New Honda BeAT Street 2020 (Harry - )

GridOto.com-Bukan rahasia lagi kalau All New Honda BeAT yang baru diluncurkan hari ini (16/1/2020), punya basis mesin yang sama dengan Honda Genio.

Karena memang mesin eSP terbaru dari Genio, akan diturunkan kemodel-model skutik Honda lainnya, nah yang pertama mendapatkannya adalah All New Honda BeAT.

Salah satu yang diunggulkan dari mesin eSP terbaru yang dipasang ke Honda Genio adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit, angkanya mencapai 59,1 km/liter.

Irit bangetkan? Hasil itu diraih berdasarkan tes internal Honda menggunakan metode ECE R40, dan komponen ISS (idling stop system) aktif.

Tapi ternyata dari presentasi All New BeAT, konsumsi BBM skutik satu ini malah lebih irit dari Honda Genio loh, angkanya sampai 60,6 km/liter!

Wah bisa irit banget ya?

Ternyata menurut Makoto Dohi, Large Project Leader Honda Motorcycle, karena memang ada sejumlah perbedaan setingan mesin dan komponen, yang bikin All New BeAT lebih irit dari Genio.

(Baca Juga: Berubah Total, Ini Perbedaan All New Honda BeAT Dari Model Sebelumnya)

Harry/Gridoto.com
Gambaran mesin terbaru Honda BeAT


Diantaranya adalah setingan fuel injection, yang mengatur semprotan bahan bakar menuju ruang bakar. Sayang Dohi enggak membeberkan lebih lanjut dimana letak bedanya.

"Kemudian air cleaner (filter udara), ini juga berbeda dengan Genio dan memberi dampak pada performa motor," sambungnya.

Terakhir adalah knalpot, yang disebutkan kalau sekat-sekat di dalam perut knalpotnya, diatur sedemikian rupa khusus untuk Honda BeAT terbaru ini.

(Baca Juga: Honda BeAT Baru Lebih Irit dan Responsif, Mesin Sama dengan Genio)