Daihatsu Pastikan Banjir di Awal Tahun 2020 Tidak Pengaruhi Penjualan

Wisnu Andebar - Sabtu, 11 Januari 2020 | 13:10 WIB

Ilustrasi partisipasi Daihatsu dalam ajang GIIAS 2018 (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Banjir di awal tahun 2020 yang melanda Jakarta dipastikan tidak akan memengaruhi penjualan Daihatsu.

Amelia Tjandra, selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, masih beruntung kejadiannya waktu masih libur, jadi tidak berpengaruh pada penjualan.

"Enggak terlalu berpengaruh untuk total penjualan di 2020," katanya saat ditemui di Sunter, Jakarta Utara belum lama ini.

(Baca Juga: Akibat Banjir Jakarta, 465 Mobil Daihatsu Masuk Bengkel)

Sementara itu, Hendrayadi Lastiyoso, Head of Marketing Division PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) juga menjelaskan, kenapa bisa dibilang tidak berpengaruh, sebab produksi baru dimulai sekitar pertengahan minggu ini.

Selain produksi, lanjut dia, pengiriman unit ke dealer juga baru dimulai pertengahan minggu ini, jadi tidak ada pengaruh.

Meski penjualan Januari turun, menurutnya bukan akibat banjir, tapi karena meningkatnya penjualan di Desember 2019 karena ada diskon akhir tahun.

"Biasanya Januari itu turun, karena sudah habis-habisan di Desember. Mau banjir enggak banjir pun pasti turun," ungkap Hendra.

(Baca Juga: Untuk Mendongkrak Penjualan, Daihatsu Sirion Facelift Meluncur Maret 2020)

Melihat makin ketatnya persaingan di 2020, Amel mengaku tidak ingin mematok target terlalu tinggi.

"Kami tidak sesumbar lah ya, mempertahankan saja itu sudah lebih bagus," ujarnya.

"Pertahankan posisi nomor dua market share 17 persen. 2020 akan lebih susah ketimbang 2019, karena kompetisi akan lebih ketat," tutup Hendra.